5 Jenis Olah Raga Ibu Hamil yang Aman Dilakukan pada Trisemester Awal

5 Jenis Olah Raga Ibu Hamil yang Aman Dilakukan pada Trisemester Awal

5 Jenis Olah Raga Ibu Hamil yang Aman Dilakukan pada Trisemester Awal –Olah raga sangat penting untuk metabolisme tubuh. Tak terkecuali untuk ibu hamil. Biasanya, kondisi tubuh yang mendominasi mual muntah pada pagi hari atau yang lebih akrab dengan sebutan morning sickness membuat para calon ibu ini enggan beraktivitas, apalagi berolah raga.
Hamil merupakan sebuah momen menyenangkan bagi calon ibu. Meski harus repot dengan keadaan pada awal kehamilan yang membuat klenger, tubuh ibu hamil tetap membutuhkan olah raga. Olah raga yang dilakukan ibu hamil akan memperbaiki kinerja tubuh dengan optimal. Hal ini juga baik untuk mempersiapkan tubuh ibu dalam melemaskan otot tubuh terutama bagian perut ke bawah dalam menghadapi persalinan.
Olah Raga Ringan : Jalan Kaki
Berjalan kaki merupakan salah satu olah raga ibu hamil yang aman dilakukan. Fungsinya untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh, sehingga badan akan tetap bugar dan tidak lemas. Anda dapat berjalan-jalan santai dengan suami ke toko dekat rumah daripada menggunakan roda dua. Anda juga bisa melakukan beberapa langkah cepat selepas jam makan siang di area tempat tinggal Anda atau lokasi Anda bekerja.
Olah Raga Pernapasan : Berenang
Menurut beberapa dokter, kegiatan berenang menjadi salah satu kegiatan terbaik bagi ibu hamil. Berenang dipercaya mampu memberikan latihan pada otot-otot kaki dan tangan dan menjadi olah raga pelatih pernapasan yang paling aman dilakukan. Tak hanya itu saja, berenang juga dapat memperbaiki kerja jantung dan dapat meminimalisir kondisi sesak napas.
Untuk ibu hamil, disarankan minum satu gelas air putih setiap 15 menit melakukan renang. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Gaya yang cocok dipraktikkan untuk olah raga ibu hamil satu ini yakni dengan gaya dada dan gaya punggung.
Olah Raga Senam Hamil
Senam hamil banyak disarankan oleh dokter selama masa kehamilan. Alangkah lebih baik bila kegiatan senam ini dilakukan di bawah pengawasan ahli. Dengan demikian, gerakan yang diberikan tidak akan membahayakan kondisi ibu maupun janin dalam kandungan. Anda bisa mendapatkan info senam hamil di beberapa puskesmas atau dokter tempat periksa Anda.
Tujuan senam hamil biasanya untuk semakin melenturkan dan menguatkan beberapa otot-otot tubuh yang berkontribusi untuk melancarkan persalinan. Dengan demikian proses melahirkan akan semakin mudah dengan latihan yang dilakukan selama 9 bulan.
Olah Raga Merilekskan Tubuh : Yoga
Yoga juga bisa menjadi alternatif pilihan olah raga ibu hamil yang bisa dilakukan. Yoga tak hanya mampu menjaga tubuh ibu hamil tetap rileks, tetapi juga bisa menjaga kestabilan emosi. Banyak ibu hamil yang lebih sensitif dibandingkan sebelumnya, maka dengan yoga, Anda akan diberikan beberapa trik relaksasi yang bisa dipraktikkan mandiri di rumah.
Yoga akan membantu ibu tetap tenang, tidak stress, dan menyikapi kehamilan dengan hati yang lebih ceria. Hal ini akan berdampak pada kondisi janin yang lebih sehat. Selain yoga, pastikan asupan makanan bergizi juga terpenuhi ya!
Olah Raga Melenturkan Otot : Pilates
Pilates untuk ibu hamil biasanya akan lebih fokus pada kelenturan dan kekuatan otot perut dan dasar panggul. Pilihlah instruktur pilates yang akan memberikan bimbingan tentang memposisikan tubuh dengan benar, sehingga Anda akan lebih sadar posisi baik untuk ibu dan janin dalam kandungan. Pada umumnya, pilates juga akan mengarahkan Anda untuk mengatur penapasan dengan lebih baik.
Meskipun sedang berbadan dua, olah raga ibu hamil sangat penting dilakukan. Hal tersebut demi kebaikan ibu dan janin yang sedang dikandung, terutama pada kehamilan trisemester awal. Rutin melakukan olah raga artinya Anda sudah berkontribusi untuk memudahkan diri dalam bersalin bukan?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *