Inilah Tips Anti Boros yang Perlu Anda Terapkan dalam Manajemen Keuangan di Tahun 2020

Inilah Tips Anti Boros yang Perlu Anda Terapkan dalam Manajemen Keuangan di Tahun 2020

Inilah Tips Anti Boros yang Perlu Anda Terapkan dalam Manajemen Keuangan di Tahun 2020 – Melakukan manajemen finansial atau pengaturan keuangan sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebagian besar orang hanya berupaya mencari solusi dengan membaca artikel tips mengelola keuangan yang baik dan benar atau bahkan yang lebih baik lagi yaitu bertanya pada ahlinya. Mengatur keuangan memang terbukti sangat bermanfaat untuk masa depan Anda.

Manajemen finansial atau pengaturan keuangan tidak hanya tentang bagaimana Anda memiliki cara memperhitungkan semua cashflow atau pemasukan dan pengeluaran dalam keuangan Anda, tetapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan dengan seimbang.

Anda harus mengetahui dengan seksama dan sedetil mungkin tentang pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang. Anda mampu melakukan upaya penghematan dengan melakukan beberapa tips anti boros yang bisa Anda terapkan dalam manajemen keuangan Anda antara lain :

Atur Gaji dengan Prinsip 50-20-30
Salah satu tips anti boros ini memang sangat sederhana, namun tampaknya belum banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Prinsip 50-20-30 ini terdiri dari alokasi 50% dari uang gaji atau penghasilan yang Anda terima setiap bulan untuk biaya hidup sehari-hari antara lain membayar tagihan listrik dan air, biaya makan, biaya transportasi, sewa rumah, dan juga tagihan lainnya.

Alokasi 20% dari gaji yang telah Anda dapatkan per bulannya bisa dianggarkan untuk investasi dan tabungan. Anda juga perlu mengalokasikan uang untuk dana darurat, misalnya saat tiba-tiba Anda jatuh sakit, motor Anda rusak dan kejadian tak terduga lainnya. Sisa anggaran 30% dialokasikan bisa Anda pergunakan untuk aktivitas hiburan Anda dengan keluarga atau membeli barang-barang yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi kebutuhan Anda.

Bayangkan Diri Anda di Masa Depan
Coba Anda bayangkan diri Anda di masa depan saat usia 80 tahun. Tentu saja Anda harus mulai berpikir soal tabungan pensiun sejak masih muda jika Anda tidak ingin masa pensiun Anda nelangsa tanpa bekal keuangan yang cukup dan memadai.

Siapkan Dana Pensiun
Tidak semua orang melakukan tips anti boros dengan mempersiapkan dana pensiun di saat usia produktif. Sebagian besar orang berpikir bahwa uang yang diperoleh hanya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan saat ini. Seharusnya Anda perlu mempersiapkan dana atau tabungan pensiun saat di usia tua renta dan sudah lemah sehingga tidak dapat bekerja lagi.

Manfaatkan Asuransi Sebaik Mungkin
Beberapa polis asuransi jiwa yang banyak tersebar di Indonesia tahun 2020 ini menawarkan opsi percepatan manfaat dimana manfaat atau jaminan kematian dapat dibayarkan saat tertanggung masih hidup. Misalnya, ketika Anda membeli asuransi untuk orangtua yang berusia 75 tahun. Anda dapat melakukan klaim asuransi untuk biaya perawatan ibu saat dirawat inap.

Bijak dalam Penggunaan Kartu Kredit
Anda tidak perlu menutup kartu kredit untuk bisa melakukan manajemen finansial. Anda dapat menyiasati biaya pinjaman menggunakan kartu kredit dengan bijak. Rekaman skor kartu kredit Anda ialah seberapa lama usia kartu kredit Anda dan bagaimana Anda membayar cicilan dengan tepat waktu. Anda bisa merusak skor kredit jika Anda menutup kartu kredit.

Dengan mengikuti dan mengaplikasikan tips anti boros yang sudah disebutkan di atas, maka kemungkinan Anda mengalami defisit akan mengecil. Bila manajemen finansial Anda sehat, maka Anda akan merasakan lebih bahagia dalam kehidupan Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *