Liburan Tetap Asyik Bersama Calon Bayi, Ini Tips Traveling Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

Liburan Tetap Asyik Bersama Calon Bayi, Ini Tips Traveling Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

Liburan Tetap Asyik Bersama Calon Bayi, Ini Tips Traveling Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui! Melakukan perjalanan jauh dalam rangka liburan bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Namun, bagi ibu yang sedang hamil mungkin ada sedikit rasa was-was. Perjalanan jauh yang akan ditempuh dikhawatirkan akan mengganggu kondisi calon bayi, terutama bagi para ibu yang sedang hamil muda.

Sebenarnya, Anda tetap bisa melakukan perjalanan liburan sekaligus menikmati berbagai keistimewaan dengan status ibu hamil ini. Misalnya saat menggunakan kendaraan umum. Baik itu bus, pesawat, kapal, atau kereta selalu ada tempat duduk khusus bagi ibu hamil.

Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk mengurungkan niat berlibur bersama keluarga. Kecuali, Anda tidak diizinkan oleh dokter, mengingat kondisi kandungan Anda terlalu riskan untuk melakukan perjalanan jauh. Agar perjalanan jauh Anda tetap terasa asyik, berikut ini tips jitu yang bisa Anda lakukan.

Pilih Alat Transportasi Paling Aman dan Nyaman

Untuk melakukan perjalanan jauh, Anda tentu membutuhkan alat transportasi. Untuk tips traveling ibu hamil yang aman adalah dengan memilih jenis transportasi yang aman dan nyaman bagi calon ibu. Pertimbangkan faktor kesehatan, keselamatan dan kenyamanan baik bagi calon ibu maupun calon bayinya.

Anda bisa memilih apakah akan menggunakan bus, kereta api, mobil pribadi, kapal, atau pesawat. Masing-masing transportasi tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih yang paling nyaman dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Hindari Penggunaan Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian yang tepat saat traveling juga sangat penting, terutama bagi ibu hamil. Sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, tapi kenakan pakaian yang longgar, mudah menyerap keringat, dan nyaman agar Anda bisa bebas bergerak. Begitu pula dengan sepatu, hindari sepatu high heels dan gunakan flat shoes atau sandal.

Lakukan Traveling pada Trimester Kedua Kehamilan

Bagi ibu hamil, melakukan perjalanan jauh menjadi hal yang sangat melelahkan. Terutama yang masih di trimester pertama. Untuk itu, tips traveling ibu hamil yang paling tepat adalah saat masa kehamilan di trimester kedua.

Pada masa ini, calon ibu sudah bisa menyesuaikan perubahan kondisi tubuh yang berisi calon bayi. Umumnya, rasa mual dan muntah sudah bisa teratasi pada trimester kedua ini kecuali jika ada riwayat kesehatan tertentu. Maka, Anda harus mengantongi surat izin dari dokter sebelum melakukan perjalanan jauh.

Tetap Makan dan Minum yang Cukup

Kondisi mengandung membuat Anda harus ekstra dalam menjaga kondisi tubuh. Walaupun sedang tidak selera makan, usahakan tetap ada makanan yang masuk ke dalam tubuh sebagai energi. Jangan lupa minum air putih secukupnya. Sebagai pengganti nasi, Anda bisa memakan kudapan ringan yang sehat dan buah segar.

Sering Bergerak dan Mengubah Posisi Duduk

Agar tidak cepat merasa lelah, Anda bisa mengubah posisi duduk sesering mungkin. Yang harus diperhatikan adalah, jangan duduk dengan posisi kaki disilangkan atau kaki jinjit. Posisikan telapak kaki saat duduk rata dengan lantai. Bawa bantal kecil atau bantal leher sebagai penyangga pinggang dan punggung agar tidak cepat merasa pegal. Posisi kepala yang bersandar pada kursi bisa membantu Anda menjadi lebih rileks.

Kondisi hamil bukan alasan untuk membatalkan acara liburan bersama keluarga tercinta. Anda bisa tetap santai dan menikmati perjalanan liburan Anda dengan menerapkan tips traveling ibu hamil tersebut. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan langganan Anda untuk antisipasi apa saja yang harus dipersiapkan selama dalam perjalanan liburan tersebut.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *