Tips Packing Baju untuk Traveling agar Koper Ringan dan Tetap Rapi

Tips Packing Baju untuk Traveling agar Koper Ringan dan Tetap Rapi

Tips Packing Baju untuk Traveling agar Koper Ringan dan Tetap Rapi –Kegiatan traveling menjadi salah satu list yang wajib dilakukan minimal 1 tahun sekali. Bahkan bagi sebagian orang, traveling telah menjadi gaya hidup dan pemenuhannya bisa dilakukan sewaktu-waktu.
Untuk banyak orang, salah satu hal yang paling membosankan ketika hendak traveling adalah kegiatan packing. Persiapan harus dilakukan jauh hari dan diri sendiri harus memastikan barang penting harus terbawa selama dalam perjalanan berwisata. Bagaimana mengatur kegiatan beberes barang ini menjadi lebih ringan dan tetap rapi saat digunakan?
Memulai dari Tumpukan Baju Paling Besar
Tips packing baju yang pertama dilakukan sebelum menatanya dalam koper yaitu dengan mengumpulkan seluruh baju, sepatu, peralatan mandi, dan lainnya dalam satu tumpukan yang besar. Setelahnya, Anda bisa menyortirnya untuk memilah beberapa barang yang benar-benar paling dibutuhkan selama dalam perjalanan. Perhatikan cuaca, lokasi, dan hal teknis pada destinasi Anda.
Dengan mengumpulkannya bersamaan, Anda akan lebih mudah untuk mengamati barang yang paling penting dibawa dan tidak bolak-balik dalam mengambil barang, sehingga meminimalisir adanya barang-barang yang tertinggal.
Melakukan Pengelompokan Barang yang Sejenis
Tips packing baju untuk traveling yang paling memudahkan yakni dengan mengelompokkannya sesuai jenis. Sweater dalam satu pack, baju pergi dalam satu set, baju tidur dalam satu bungkus, dan beberapa perlengkapan lainnya dalam satu kesatuan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengambil kebutuhan tanpa mengobrak-abrik koper.
Untuk peralatan mandi dan make up, ada baiknya disimpan terpisah dalam kompartemen yang terpisah. Utamakan tempatkan dalam wadah anti air. Dengan demikian, barang-barang Anda akan lebih tertata dan mudah dicari saat diperlukan.
Menggulung Baju dengan Rapi
Teknik menggulung baju akan memberikan ruang yang besar untuk koper dalam menampung barang yang lebih banyak. Menggulung sesuai jenis pakaian hingga sekecil mungkin akan membuat koper Anda lebih lega untuk barang lainnya. Jika Anda memiliki bahan baju satin yang cenderung mudah kusut, lapisi permukaan bajunya dengan kertas tisu. Penggunaan tisu juga bisa diaplikasikan pada setiap jenis baju yang berbeda.
Menata Baju dengan Susunan Teratur
Hindari menumpuk baju saat menata di dalam koper. Kondisikan baju dalam tatanan miring, berhadapan secara vertikal, sehingga tidak akan merusak susunan awalnya. Anda juga tidak akan kesulitan jika ingin mengambil baju yang akan dikenakan pada saat perjalanan. Teknik Konmari dari Jepang tak hanya cocok digunakan dalam penataan lemari rumah, tetapi juga sangat bagus diterapkan dalam penataan koper.
Memisahkan Obat-Obatan dalam Satu Wadah
Tips packing baju dengan memisahkan sesuai jenis juga harus Anda lakukan pada obat-obatan dan perlengkapan kesehatan lainnya. Bawa obat paling penting yang tidak mudah didapatkan di lokasi tempat wisata tujuan Anda. Jika ada keluarga yang memiliki asma atau alergi tertentu, pastikan membawa obat yang menjadi penawarnya.
Mengecek Ulang Semua Perlengkapan
Memaksimalkan ruang dalam koper untuk barang-barang penting merupakan hal yang sangat dianjurkan. Jika ingin koper lebih ringan, gunakan bahan koper yang kuat dan beroda ringan. Teknik melipat baju dan mengepaknya juga menjadi salah satu faktor penentu. Pengecekan ulang koper sebelum berangkat akan memberikan info pada Anda jika ada barang yang masih tertinggal.
Jika Anda mempraktikkan beberapa tips packing baju untuk traveling di atas dengan benar, maka koper Anda akan memuat barang yang lebih banyak. Salah satu ide menata barang ala Konmari akan membantu dalam merapikan beberapa kebutuhan dasar Anda untuk jalan-jalan bersama keluarga, agar tetap rapi dan tidak amburadul saat dikeluarkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *